Arsip Blog

Tugas KKPI (soal-soal)


1.      Apakah yang dimaksud dengan jaringan computer ?

Pengertian Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri antar satu komputer dengan komputer lainnya yang terhubung satu sama lain  untuk bekerja bersama-sama untuk melakukan kegiatan yang di inginkan,<.span>Jaringan Komputer terhubung melalui gelombang radio maupun kabel yang terhubung dengan satu komputer ke komputer lainnya sehingga dapat melakukan pertukaran informasi maupun transfer dokumen

2.      Sebutkan macam – macam jaringan computer ?
Macam macam Jaringan Komputer ditentukan :
1.      Berdasarkan skala :
·         Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
·         Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
·         Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
2.      Berdasarkan fungsi :
·         Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data.xls dan juga memberi akses file network.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
3.      Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
·         Topologi bus
·         Topologi bintang/star
·         Topologi cincin/token ring
·         Topologi mesh
·         Topologi pohon
·         Topologi linier
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
 
    • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
    • Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1warnet.
    • Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
    • Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
    • Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
    • Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  1. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.


3.      Transmisi pada LAN dapat dibagi menjadi tiga kategori, sebutkan!
Tranmisi pada LAN dapat dibagi mejadi ke dalam tiga katergori utama, yaitu UNICAST, MULTICAST, dan BROADCAST
UNICAST
Dalam jaringan komputer, transmisi unicast adalah pengiriman pesan ke satu tujuan jaringan host di jaringan switching paket.

Istilah unicast dibentuk dengan analogi siaran istilah yang berarti transmisi data yang sama untuk semua kemungkinan tujuan. Multi-tujuan lain metode distribusi, multicast, mengirim data hanya untuk tertarik tujuan dengan menggunakan alamat khusus tugas.
 Pesan unicast digunakan untuk semua proses jaringan yang unik pribadi atau sumber daya yang diminta.
 Aplikasi jaringan tertentu yang didistribusikan secara massal terlalu mahal untuk dilakukan dengan transmisi unicast karena masing-masing koneksi jaringan mengkonsumsi sumber daya komputasi pada pengiriman host dan memerlukan jaringan terpisah sendiri bandwidth untuk transmisi. Aplikasi termasuk media streaming dari banyak bentuk. Stasiun radio internet menggunakan koneksi unicast mungkin memiliki biaya bandwidth yang tinggi.
Istilah-istilah ini juga digunakan oleh penyedia konten streaming 'layanan. Unicast server media berbasis terbuka dan memberikan arus unik untuk setiap pengguna. Multicast server berbasis dapat mendukung audiens yang lebih besar dengan melayani konten secara simultan ke beberapa pengguna.

MULTICAST



Multicast atau multicasting adalah sebuah teknik di mana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah grup tertentu, yang disebut sebagai multicast group. Multicasting merupakan sebuah cara pentransmisian data secara connectionless (komunikasi dapat terjadi tanpa adanya negosiasi pembuatan koneksi), dan klien dapat menerima transmisi multicast dengan mencari di mana lokasinya, seperti halnya ketika kita membuka sebuah stasiun radio untuk mendengarkan siaran radio. Multicast sebenarnya merupakan mekanisme komunikasi one-to-many, atau point-to-multipoint, dan berbeda dengan cara transmisi unicast.
Sebuah multicast group memiliki sebuah alamat multicast, yaitu kelas D dalam alamat IP versi 4 atau memang alamat multicast dalam alamat IP versi 6. Pada kelas D alamat IP versi 4, alamat yang direservasikan untuk sebuah multicast group adalah 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255.

BROADCAST


Broadcast yang juga dikenal sebagai metode transmisi one to all ( satu kesemua). Walaupun broadcast cenderung membuang resource, beberapa protocol seperti ARP, bergantung kepadanya. Dengan demikian, terjadinya beberapa traffic broadcast tidak dapat dihindari. Pada jaringan Ethernet, broadcast dikirim ke alamat tujuan broadcast dikirim ke alamat tujuan khusus, yaitu, FF-FF-FF-FF-FF-FF-FF. Broadcast ini harus diproses oleh a host yang berada dalam broadcast domain yang ditentukan.
Broadcast, pada jaringan komputer, merupakan jenis paket yang berasal dari satu titik, dan memiliki tujuan ke semua titik lain yang ada di jaringan. Biasanya jenis paket broadcast akan dikirimkan untuk menyatakan suatu ‘keberadaan’ sebuah layanan, atau pencarian sebuah titik pada jaringan. Contoh nyata dari paket broadcast ini adalah paket-paket NETBIOS yang dikirimkan oleh Windows setiap periode tertentu, yang berisikan nama komputer dan workgroup di mana komputer tersebut berada. Itulah sebabnya, kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang apa saja komputer yang ada di jaringan kita pada Network Neighbourhood atau My Network Places.

4.      Apakah kepanjangan dari CDMA?

CDMA kepanjangan dari Code Division Multiple Access
Pengertian dari CDMA adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema
pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.


5.      Apakah yang dimaksud dengan wireless? Jelaskan cara kerjanya!

Pengertian Wireless

Wireless
Pengertian Wireless atau adalah jaringan komputer area lokal nirkabel, yang menghubungkan dua atau lebih komputer tanpa menggunakan kabel.  memanfaatkan teknologi penyebaran-spektrum yang didasarkan pada gelombang radio agar memungkinkan komunikasi antara perangkat pada lingkup daerah terbatas, yang juga dikenal sebagai set layanan dasar. hal Ini memberikan mobilitas bagi pengguna untuk bergerak di daerah cakupan yang luas dan tetap terhubung ke jaringan.
Bagi pengguna rumah, wireless telah menjadi populer karena kemudahan instalasi, dan fleksibilitas yang bebas memilih lokasi atau tempat untuk meletakkan perangkat

Bagaimana Cara kerja Wireless

Wireless  menggunakan electromagnetic airwaves (radio atau infrared) untuk menukarkan informasi dari satu titik ke titik lainnya tanpa harus tergantung pada sambungan secara fisik. Gelombang radio biasa digunakan sebagai pembawa karena dapat dengan mudah mengirimkan daya ke penerima. Data ditransmikan dengan cara ditumpangkan pada gelombang pembawa sehingga bisa diextract pada ujung penerima. Data ini umumnya digunakan sebagai pemodulasi dari pembawa oleh sinyal informasi yang sedang ditransmisikan. Begitu datanya sudah dimodulasikan pada gelombag radio pembawa, sinyal radio akan menduduki lebih dari satu frekuensi, hal ini terjadi karena frekuensi atau bit rate dari informasi yang memodulasi ditambahkan pada sinyal carrier. Multiple radio carrier bisa ada dalam suatu ruang dalam waktu yang bersamaan tanpa terjadi interferensi satu sama lain jika gelombang radio yang ditransmisikan berbeda frekuensinya. Untuk mengextract data, radio penerimanya diatur dalam satu frekuensi dan menolak frekuensi-frekuensi lain. Pada konfigurasi wireless tertentu, transmitter/receiver (transceiver) device, biasa disebut access point, terhubung pada jaringan kabel dari lokasi yang fixed menggunakan kabel standard. Sebuah access point bisa mensupport sejumlah group kecil dari user dan bisa dipakai dalam jarak beberapa puluh meter. Access point biasanya diletakkan pada tempat yang tinggi tapi dapat juga diletakkan dimana saja untuk mendapatkan cakupan yang dikehendaki. End user access wireless

6.      Jelaskan peberdaan antara LAN dan WAN!
LAN adalah Jaringan komputer yang terhubung atau berada pada tempat yang berdekatan tanpa menggunakan kabel jaringan.
 Wireless LAN membutuhkan access point di mana semua perangkat wireless terhubung ke situ, yang kemudian menghubungkan user ke jaringan kabel.  Jangkauan wireless access point bisa mencapai 100 meter (330 kaki) di dalam ruangan. Wireless LAN digunakan di gedung perkantoran, kampus, atau rumah.
 WAN adalah jaringan komputer yang terhubung pada tempat yang berjauhan dan terhubung dengan kabel telepon atau gelombang radio.
WAN digunakan untuk menyediakan koneksi Internet bergerak dengan area jangkauan yang jauh lebih luas untuk pelaku perjalanan bisnis atau teknisi lapangan. Wireless WAN memungkinkan user untuk mengakses Internet, e-mail, dan aplikasi dan informasi perusahaan meskipun mereka jauh dari kantor.

7.      Sebutkan keuntungan kita menggunakan jaringan!
-          Berbagi Perangkat Keras (Resource Sharing)
Perangkat Keras semacam hard disk, printer, CD-ROM drive dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup di pasang pada sebuah peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya, cara seperti ini dapat menghemat biaya dari pada harus membeli hardware komputer untuk masing-masing komputer.
-          Berbagi Program dan Data (Reliabilitas tinggi)
Program atau data dapat disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang membutuhkan informasi, baik program atau data). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan yaitu dapat menghindari duplikasi data, apabila ada perubahan data oleh seseorang maka akan segera diketahui oleh orang lain.


-           Mendukung Kecepatan Berkomunikasi (Real Time)
Dengan adanya jaringan komunikasi informasi dapat dilakukan lebih cepat, para pemakai kumputer dapat bertukar atau mengirim informasi dengan mudah dan bahkan dapat mengirim tulisan secara langsung (chating) ataupun telekonferensi.m
-          Memudahkan Pengaksesan Informsi
Dengan jaringan komputer memudahkan dalam mengakses program, data atau informasi yang ada pada server.
8.      Tuliskan perangkat keras guna membuat computer local (LAN)
Alat Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan adalah sebagai berikut :
  1. Tang Crimping
  2. Connector RJ-45
  3. Kabel UTP
  4. Lan Card / Modem
  5. Tester
  6. Switch/Hub
  7. Sambungan ke Internet
1.      Tang Crimping




Fungsi Crimping tools :
·         Memotong kabel
·         Melepas pembungkus kabel
·         Memasang konektor
2.      Connector RJ - 45
RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.
3.      Kabel UTP

Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin.
4.      LAN Card / Modem

LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.
5.      Tester

Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.
6.      Switch / Hub


Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain.

9.      Sebutkan cara – cara untuk menghubungkan computer ke internet?

1.      Melalui jaringan
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkankomputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung ke internet. Sebuahkomputer yang dijadikan server dihubungkan ke internet dan komputer yang lain di jaringan tersebut dihubungkan ke server tersebut. Komputer yang berfungsisebagai server dihubungkan dengan sebuah ISP melalui kabel telepon atau antena,sedangkan untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer serverdilakukan dengan menggunakan kartu LAN dan kabel UTP.
2.      Melalui saluran telepon (Dial up) dan teknologi DSL
Cara termudah untuk menghubungkan komputer kita ke internet adalahdengan menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan Dial- Up . Cara ini mempunyai keunggulan karena mempunyai jaringan yang luas. Jikakita telah mempunyai jaringan telepon, maka kita dapat mengakses internet.Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 kbps (Kilobyte per second)
Saat ini koneksi internet dengan dial-up telah didukung olehteknologi kompressi data sehingga kecepatan akses dapat ditingkatkan menjadi 4-5kali dari biasanya. Teknologi ini dikenal dengan Power Surf Dial Up Technology   dan beberapa ISP telah dilengkapi dengan teknologi tersebut.Sampai sekarang, selain dengan dial up, jaringan kabel telepon dapat jugadigunakan dengan teknologi DSL dengan menggunakan modem ADSL yangmempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Contoh : Telkom Speedy]

3.      Menggunakan gprs
GPRS merupakan singkatan dari General Packet Radio Service 
yang memilikikemampuan untuk mengkomunikasiakn data dan suara pada saat alat komunikasisedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakangelombang radio.Kebutuhan industri akan komunikasi yang bergerak menyebabkan GPRSmenjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini.GPRS mempunyai kecepatan transfer data yang cukup tinggi diperkirakan dapatmencapai 115 kbps, walaupun dalam prakteknya transfer data GPRS masih beradapada 25-30 kbps.Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet dari mana saja. Yangpenting adalah kita telah mempunyai komputer, telepon selular yang dilengkapifasilitas GPRS dan sebuah SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS.Walaupun demikian teknologi GPRS juga mempunyai beberapa kelemahankarena untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile kita harus melakukansetting tertentu pada jaringan selular kita

4.      Melalui WiFi
WiFi adalah kependekan dari
Wireless Fidelity , yaitu teknologi jaringan tanpamenggunakan kabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Frekuensi yangdigunakan pada teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.Kita dapat terhubung ke internet melalui WiFi dengan menggunakan Notebook (Labtop) ataupun PDA yang telah dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi Card) .Jika Notebook yang kita pergunakan menggunakan processor yang telah dilengkapiteknologi Mobile Centrino , maka kita tidak lagi membutuhkan WiFi Card. WiFimempunyai kemampuan akses internet hingga kecepatan 11 Mbps.Pada akses WiFi kita tidak lagi membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan, tetapi kita harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi, yaitudaerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses. Daerah yang telahmempunyai sinyal WiFi disebut dengan Hotspot.

10.  Apakah yang dimaksud dengan wifi?
Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, and 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.
Spesifikasi.
802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz b
802.11a 54 Mb/s 5 GHz a
802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz b, g
802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz b, g, n
Di banyak bagian dunia, frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi, pengguna tidak diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pengatur lokal (misal, Komisi Komunikasi Federal di A.S.). 802.11a menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan oleh sebab itu daya jangkaunya lebih sempit, lainnya sama.
Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz), berpusat di frekuensi berikut:
* Channel 1 - 2,412 MHz;
* Channel 2 - 2,417 MHz;
* Channel 3 - 2,422 MHz;
* Channel 4 - 2,427 MHz;
* Channel 5 - 2,432 MHz;
* Channel 6 - 2,437 MHz;
* Channel 7 - 2,442 MHz;
* Channel 8 - 2,447 MHz;
* Channel 9 - 2,452 MHz;
* Channel 10 - 2,457 MHz;
* Channel 11 - 2,462 MHz
Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.
Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).
Karena perangkat dengan standar teknis 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2,4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial, Scientific dan Medical). Sedang untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11a dan 802.16 diperuntukkan bagi perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.
Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Pertama, kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.
Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut --yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan-- dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat.
Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.
Beberapa pengamat bahkan telah memprediksi pada tahun 2006, akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di negara-negara Eropa, 530.000 di Amerika Serikat dan satu juta di negara-negara Asia.
Keseluruhan jumlah penghasilan yang diperoleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dari bisnis Internet berbasis teknologi Wi-Fi hingga akhir tahun 2003 diperkirakan berjumlah 5.4 trilliun dollar Amerika, atau meningkat sebesar 33 milyar dollar Amerika dari tahun 2002 (www.analysys.com).

Tidak ada komentar: